Cara Memancing Ikan Sepat dan Umpannya

Bagaimana cara memancing ikan sepat? Apa pula macam-macam umpan yang cocok digunakan untuk memancing ikan ini? Ikan sepat merupakan ikan air tawar yang masih berkerabat dekat dengan ikan gurame. Ikan ini mempunyai mulut yang berukuran cukup kecil sehingga diperlukan trik tersendiri untuk memancingnya.

Di habitat alaminya, ikan sepat biasanya hidup secara bergerombol. Ikan sepat sangat menyukai perairan yang kondisinya tenang dan tidak berarus kuat. Jadi bila Anda ingin memancing ikan ini, pilihlah spot di pinggir sungai atau di tengah kubangan. Ikan sepat juga banyak ditemukan di daerah perairan yang dipenuhi oleh tanaman air seperti kangkung, eceng gondok, dan lain-lain. Hindari memancing di waduk, khususnya di area saluran air masuk dan saluran air keluar.

cara-memancing-ikan-sepat.jpg

Sebenarnya tidak susah-susah amat kok untuk menentukan spot yang paling ideal ketika hendak memancing ikan sepat. Ini disebabkan karena ikan sepat mempunyai kebiasaan untuk mengambil oksigen secara langsung di udara secara berkala. Hal tersebut tentu akan memudahkan Anda dalam menentukan layak tidaknya suatu spot dijadikan sebagai tempat pemancing. Biasanya akan timbul gelembung-gelembung udara di spot yang dipenuhi oleh ikan sepat.

Ada cukup banyak umpan yang dapat menarik perhatian ikan sepat. Mulai dari umpan yang paling umum seperti cacing tanah dan ramuan pelet sampai dengan kroto serta udang air tawar. Umpan-umpan tersebut sangat efektif dalam menggoda ikan untuk segera memangsanya. Anda bisa mendapatkannya di toko-toko pemancingan terdekat atau pun pasar tradisional.

Joran

Selain untuk mendapatkan ikan, beberapa pemancing mengaku memancing hanya untuk sekadar merasakan sensasi strike dari suatu ikan yang diburu. Biar Anda bisa merasakan bagaimana sensasi strike yang ditimbulkan oleh ikan sepat sebaiknya gunakanlah joran yang berukuran cukup kecil seperti joran kelas super light tackle mengingat postur ikan ini pun sangat mungil. Disarankan pakailah joran yang berjenis joran tegek mini (mini pole rod) sepanjang 2 meter. Pilihlah joran yang terbuat dari fiberglass karena lebih lentur sehingga kita bisa merasakan sensasi tarikan ikan sepat lebih kuat.

Tali

Begitu pula dengan jenis line yang dipakai untuk memancing ikan sepat, gunakanlah line yang ukurannya tidak terlalu tebal. Kami biasanya menggunakan line yang berukuran maksimal 0,13 mm untuk memancing ikan-ikan air tawar yang berpostur mini. Selain dapat bergerak lebih luwes di air, ukuran line yang kecil juga akan memudahkan Anda dalam merasakan hentakan yang terjadi saat ikan sepat melahap umpan.

Pelampung

Pelampung akan menjaga posisi umpan agar lebih stabil di suatu titik di spot yang telah ditentukan. Anda pun dapat mendeteksi apakah umpan sudah dimakan ikan sepat atau belum dengan memperhatikan pelampung tersebut. Jika pelampung bergerak-gerak tak beraturan artinya ikan sepat sedang berusaha untuk memangsa umpan. Sedangkan ketika pelampung tersebut sudah bergerak turun dari permukaan air, maka ikan sepat sedang menggondol umpan. Anda bisa mengangkat joran ketika pelampung telah bergerak jauh ke dalam air dan tarikan ikan pun terasa cukup berat.

Komentar